Mengenali Mata Juling Pada Anak

Mengenali Mata Juling Pada Anak – Jangan meremehkan mata juling pada anak karena dapat berpengaruh pada penglihatan dan membuat anak menjadi tidak percaya diri ketika bermain keluar rumah.

Mengenali Mata Juling Pada Anak

Mata merupakan salah satu panca indra yang digunakan untuk melihat, peran mata sangat penting karena untuk melihat berbagai macam hal yang belum diketahui sebelumnya oleh kita. Lalu bagaimana bila mata kita tidak dapat melihat dengan fokus?

Mengenali Mata Juling Pada Anak

Mata juling merupakan kondisi di mana kedua mata tidak sejajar dan melihat ke titik arah yang berbeda dan terjadi akibat adanya gangguan pada koordinasi otot penggerak bola mata.

Penyebab juling pada mata

Umumnya juling pada mata merupakan bawaan sejak lahir atau bisa juga karena faktor keturunan, tetapi orang yang terkena stroke, diabetes, juga dapat terkena juling dan ada juga yang memiliki tumor pada mata yang mengakibatkan mata juling pada anak. Risiko yang dapat berakibat dari mata juling yaitu kelahiran prematur, cedera kepala dan tumor otak.

Gejala Mata juling

Ada beberapa gejala yang mungkin dapat dilihat yaitu mata tidak bergerak yang sama saat bersamaan, satu mata yang garis pandangnya ke depan lebih dominan di bandingkan dengan satu mata lagi yang garis pandangnya tidak selalu ke depan lebih lemah, memiringkan kepala saat melihat sesuatu, penglihatan mata menjadi kabur, sempoyongan/pusing ketika beranjak dari duduk, penglihatan menjadi ganda, dan mata menjadi lebih sering lemah.

Cara Pengobatan Mata Juling Di Rumah

  1.  Menjaga pola makan yang sehat.
  2. Tidak boleh terlalu stres.
  3. Menggunakan penutup mata untuk menutup mata yang berfungsi baik dapat membantu mata yang lemah.
  4. Terapi mata dengan olahraga mata, melatih otot mata yang juling adalah dengan pensil. Letakkan pensil sejauh sekitar 30 cm di depan mata anak, minta anak untuk memusatkan penglihatan pada satu titik di ujung pensil, setelah itu gerakkan pensil hingga mendekati hidung dan tarik kembali menjauhi hidung. Latihan ini dapat dilakukan selama beberapa menit.

Dengan mengetahui gejala awalnya, pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin. Secara umum, mengatasi mata juling pada anak ketika berusia lebih muda, hasilnya akan lebih baik dibandingkan ketika usianya sudah lebih dewasa.

Demikian penjelasan mengenal mata juling pada anak. Semoga bermanfaat dan dapat di pahami.

Terimakasih.

One thought to “Mengenali Mata Juling Pada Anak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *